Wednesday, May 23, 2012

Warkop dan Penggila Bola di Sepenggalah Malam



Saya tidak tahu di belahan dunia lain, Medan di malam hari menjadi milik para insomniac dan penggila bola. Berbagai warung pinggir jalan menyediakan televisi dan kopi. Tak tanggung-tanggung, televisinya pun sudah layar datar dan minimal 20 inci. Sebagian sudah berlangganan TV kabel.

Bagi mereka biaya pemasangan TV ini tak lagi mahal. Harga flat TV sudah semakin murah, berbekal uang Rp 3 juta saja sudah dapat TV bermerek lumayan. Langganan TV berbayar pun tak menguras kantong terlalu dalam, karena paket langganan TV kabel sekarang sudah ada yang Rp 50 ribu per bulan.

Di musim bola, warung-warung itu nyaris tak pernah sepi. Mulai warung skala besar yang berisi lima hingga 10 meja, sampai warung amigos (agak minggir got sedikit). Pemilik warung amigos biasanya akan menyimpan kursi-kursi dan meja plastik di pojok, khusus disiapkan saat pertandingan besar ditayangkan. Jelang partai final atau pertandingan dua klub papan atas, kursi-kursi itu mangambil separuh badan jalan raya.

Sehabis musim bola, warung berangsur surut. Tapi TV kabel tetap menyajikan siaran bola, meski   hanya siaran tunda atau berbagai classic match yang disiarkan stasiun TV. Pengunjung warung tetap menikmatinya.

Saking gila bola, ada pemilik warung menamai warungnya dengan nama klub bola dan memasang bendera klub disamping papan namanya. Ada warung Liverpool, Arsenal, dan ada juga yang diklaim sebagai warungnya pencinta klub Barcelona.

Sayangnya, belum ada saya dengar warung PSMS (Persatuan Sepakbola Medan Sekitarnya). Tapi agaknya cukup bisa dimaklumi kalau nama PSMS itu tidak jadi pilihan. Prestasi PSMS sendiri masih jauh api dari panggang. Tak membanggakan. Mungkin butuh tiga, lima, sampai sepuluh tahun lagi nama itu akan bersinar di hati pemilik warung.

Sebentar lagi event bola dunia akan digelar. Malam di Medan tak akan senyap. Jalan-jalan akan semakin sempit, berbagi tempat dengan kursi penonton. Warung yang biasa tutup sore akan benderang hingga pagi. Di saat seperti ini, saya makin mencintai Medan.

1 comment:

  1. Ayo bosku Semuanya,
    Yuk iseng bermain game untuk mendapatkan uang tambahan setiap harinya Hanya di arena-domino.net
    Modal Kecil Dapat Puluhan Juta ^^
    Bareng saya dan teman-temanku yang cantik-cantik loh !
    Info Situs www.arena-domino.net
    yukk di add WA : +855964967353

    ReplyDelete